Nyaman dan Ramah Lingkungan di Soekarno Hatta

Posted: Februari 11, 2011 in Me

Ada rasa yang berbeda saat memasuki Terminal III Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta). Maklum jarang-jarang mampir ke airport, jadi terkagum-kagum melihat tampilan terminal yang modern, ramah lingkungan dan hemat energi.

Sekitar terminal dihiasi tanaman-tanaman hijau yang menyegarkan mata. Kabarnya pemasangan tanaman ini tidak dilakukan sembarangan, tapi didahului oleh sebuah evaluasi karena tidak semua pohon bisa ditempatkan di bandara.

Angkasa Pura II, yang mengelola bandara ini, memilih tanaman trembesi yang tidak mendatangkan burung, jadi tidak ada burung yang membuat sarang di pohon ini. Hewan ini memang dilarang keras masuk bandara karena bisa menganggu penerbangan.

Bagian lain dari konsep eco airport adalah konservasi energi, yang ditunjukkan dengan tata gedung yang terbuka dengan banyak menggunakan kaca ketimbang tembok. Sehingga cahaya matahari bisa masuk dan menghemat penggunaan lampu.

Konsep modern ditunjukkan dengan bentuk atap bangunan yang melengkung. Kesan asri juga diperkuat dengan penggunaan warna hijau muda dan putih. Ruang tunggunya juga sangat luas dan nyaman, pakai karpet lagi. Di beberapa sudut dipasang pot-pot tanaman hias. Kios, papan reklame dan informasi juga tertata rapi, mudah dilihat.

Dunia kini sedang ramai-ramainya membuat komitmen untuk mengurangi emisi karbon penyebab pemanasan global. Sektor penerbangan juga tidak mau kalah. AFP pernah menulis, perusahaan penerbangan yang tergabung dalam Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional (IATA), didukung industri luar angkasa dan pengelola bandar udara, sudah menyiapkan target untuk mengurangi emisi karbon.

Target itu termasuk peningkatan efisiensi penggunaan bahan bakar sekitar 1,5 persen setiap tahun hingga 2020, pertumbuhan karbon yang netral setelah 2020 dan pengurangan emisi karbon hingga 50 persen pada tahun 2050.

Pengembangan konsep ramah lingkungan ini merupakan komitmen Bandara Soetta untuk ikut mengurangi emisi karbon Indonesia. Pemerintah, dengan menggandeng investor dari Swedia, juga akan mengembangkan bandara ramah lingkungan di Denpasar dan Balikpapan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s