Inilah 10 Hewan Yang Terancam Punah

Posted: Januari 27, 2011 in Me

International Union for Conservation of Nature’s (IUCN) rajin mengeluarkan daftar merah spesies yang terancam punah. Hewan-hewan ini mungkin tidak akan bisa bertahan hingga akhir abad ini tanpa intervensi manusia untuk menjaga kelangsungan hidup mereka. Berikut adalah 10 hewan yang paling terancam punah.

Peringkat 10 diduduki, burung condor Amerika yang hidup di Grand Canyon. Burung ini punya usia hidup hingga 50 tahun. Perdagangan gelap hingga rusaknya habitat menyebabkan spesies ini terancam punah. Pada tahun 80-an burung ini hampir tersapu habis. Dengan upaya koservasi yang gigih, jumlah spesies itu kini mencapai 332 ekor, sekitar 152 diantaranya hidup di alam liar.

Di urutan 9 ada orangutan Sumatera. Perburuan dan hilangnya habitat juga menjadi penyebab ancaman kepunahan satwa ini. Orangutan ini bisa hidup hingga usia 45 tahun, tapi mereka lambat dalam bereproduksi. Orangutan betina hanya bisa melahirkan tidak lebih dari tiga anak seumur hidupnya

Daftar selanjutnya adalah ikan hiu yang hidup di Sungai Gangga, India. Sebagai salah satu dari 20 jenis hiu yang masuk daftar merah IUCN, hiu ini banyak diburu untuk diambil minyaknya. Rusaknya populasi akibat polusi juga menyebakan jumlah spesies ini terus berkurang.

Gorila gunung baru ditemukan manusia pada 1902, populasi mereka terus menurun karena penebangan hutan, perburuan dan perdagangan ilegal. Kini jumlah mereka tinggal 780 dan tersebar di Bwindi Impenetrable National Park, Uganda serta daerah Virunga yang meliputi Republik Demokratik Kongo, Rwanda dan Uganda.

Di peringkat 6 ada buaya Filipina. Buaya air tawar ini sebetulnya dilindungi oleh Undang Undang, namun populasinya terus berkurang karena ulah manusia, seperti hilangnya habitat dan mati akibat dinamit dari nelayan ikan. Hasil survei 1995 menunjukkan spesies ini tinggal tersisa 100 ekor di alam liar.

Selanjutnya adalah musang berkaki hitam yang hanya ada di Amerika Utara. hewan ini menjadi satu-satunya mamalia yang paling terancam punah di benua Amerika. Pembukaan hutan untuk pembangunan menyebabkan habitat hewan ini tinggal tersisa 2 persen. Selain itu, anjing gunung juga kerap memangsa hewan kecil ini.

Peringkat selanjutnya adalah harimau Siberia. Dulu daerah jelajah hewan ini pernah mencapai timur laut Cina, Semenanjung Korea dan Mongolia. Kini spesies ini hanya ditemukan di kawasan Amur-Ussuri, Rusia. Diperkirakan 350 hingga 450 harimau masih bertahan hidup.

Di urutan ketiga ada serigala merah. Serigala ini punya ukuran lebih langsing dan kecil dibanding serigala abu-abu. Serigala ini mampu bertahan hidup hingga akhir jaman es Pleistocene, namun mungkin tidak bisa bertahan di jaman manusia modern. Serigala ini sudah tidak lagi ditemukan di Amerika Serikat bagian tenggara. Diperkirakan masih ada 100 ekor yang hidup di timur laut AS dan sekitar 150 lainnya hidup di pusat-pusat penangkaran di seluruh negara itu.

Meskipun Komisi Paus Internasional sudah melarang perburuan paus abu-abu pada 1947, jumlah populasi hewan yang hidup di Pasifik barat ini tidak bisa bertambah. Sekitar 100 paus abu-abu masih bertahan hidup, 23 diantaranya adalah paus betina. Mereka hanya melahirkan di timur laut Pulau Sakhalin, Rusia. Namun tempat itu sudah direbut oleh perusahaan minyak dan pertambangan.

Peringkat pertama diduduki oleh badak Sumatera. Dulu hewan ini pernah berkuasa dari rawa-rawa India hingga Asia Tenggara. Kini badak Sumatera jumlahnya tingga 300 dan tersebar di enam daerah populasi. Perburuan untuk diambil culanya menjadi penyebab utama ancaman kepunahan. Selain itu, kebun binatang juga gagal mengembangbiakan badak ini.

Sumber: http://www.livescience.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s