The Expendables, All Starnya Film Laga

Posted: Agustus 2, 2010 in Film

The Expendables pastinya bakal memuaskan para penikmat film aksi ala 80 dan 90-an. Fim ini dibintangi aktor laga jadul, seperti Sylvester ‘Rambo’ Stallone, Dolph Lundgren (keduanya main bareng di Rocky IV, 1985), Arnold ‘Terminator’ Schwarzenegger, Bruce ‘Die Hard’ Willis, hingga si macho penunggang moge di film Harley Davidson and the Marlboro Man, Mickey Rourke. Plus pemeran Emperor Han di The Mummy: Tomb of the Dragon Emperor, Jet Li.

Di jajaran aktor yang tergolong baru hadir Jason Statham yang meroket lewat trilogi Transporter, serta para mantan atlet yang beralih jadi pemain film, yaitu jebolan smack down ‘Stone Cold’ Steve Austin (The Condemned) pensiun NFL Terry Crews (Terminator Salvation) dan petarung UFC Randy Couture (Cradle 2 the Grave). Jika di basket Amerika Serikat ada yang namanya NBA All Star atau Liga Super Indonesia punya perang bintang, maka The Expendables adalah All Star-nya film laga.

Membuat film dengan ensemble cast seperti ini bukan hal yang mudah. Stallone sebagai sutradara pastinya sudah meminta para aktor untuk meninggalkan ego masing-masing. Hal ini yang mungkin sulit dilakukan oleh Jean-Claude Van Damme, yang menolak tawaran pribadi dari Stallone karena menganggap karakternya di film ini tidak penting.

Hubungan yang baik antara sutradara dan pemain memudahkan seorang film maker mengajak banyak bintang dengan bayaran murah. Misalnya Steven Soderbergh yang berteman akrab dengan George Clooney sejak penggarapan Out of Sight. Ujung-unjungnya Clooney mengajak sohibnya Brad Pitt dan Matt Damon tampil di Ocean Eleven hingga Thirteen yang disutradai Soderbergh.

Contoh lainnya adalah Quentin Tarantino. Filmnya garapannya tahun 1994, Pulp Fiction dijejali aktor papan atas seperti John Travolta, Samuel L. Jackson, Bruce Willis, harvey Keitel, Uma Thurman dan Tim Roth. Persahabatan dengan Samuel L. Jackson terus berlanjut hingga aktor ini mau tampil di film-film Tarantino lainnya meski hanya peran kecil (dengar itu Van Damme), seperti Jackie Brown, Kill Bill , vol.2 dan Inglourious Basterds (hanya menyumbangkan suara). Sementara pertemanan dengan Harvey Keitel dan Tim Roth sudah dimulai sejak Reservoir Dogs.

Fenomena mengumpulkan bintang-bintang terkenal sudah dimulai sejak 1930-an dan mencapai puncaknya pada tahun 60-an hingga pertengahan 70-an. Film yang dibuat biasanya bergenre perang, seperti The Longest Day dan A Bridge Too Far serta film-film berdasarkan kisah Alkitab, The Greatest Story Ever Told dan The Bible:In The Beginning. Tapi ada juga film western, salah satu yang terkenal adalah How The West Was Won. Film James Bond konyol Casino Royale (1967) juga dipenuhi banyak bintang terkenal saat itu, seperti Peter Sellers, Ursula Andress, Orson Welles, Woddy Allen dan David Niven.

Memasuki 80-an genrenya beralih ke drama remaja. Kali ini yang dikumpulkan adalah pemain-pemain muda dan relatif baru. Sutradara John Hughes mengajak Emilio Estevez, Judd Nelson, Ali Sheddy di film The Beakfast Club pada 1985. Masih ditahun yang sama, ketiganya, plus Rob Lowe, Andrew McCarthy, Demi Moore dan Ally Sheedy diarahkan Joel Schumacher di St. Elmo’s Fire. Mereka inilah yang kelak dikenal dengan sebutan Brat Pack. Tingginya tarif para pemain bintang membuat kita jarang menemukan film dengan ensemble cast di tahun 90-an. Namun sejak suksesnya Ocean Eleven (2001) penonton dipuaskan dengan Crash, Sin City, dan Bobby. Sementara tahun kemarin sudah ada He’s Just Not That Into You dan New York, I Love You.

Kelemahan dari film yang dibintangi banyak aktor adalah sulitnya para penulis naskah menggembangkan karakter dari masing-masing tokoh. Durasi yang terbatas membuat penonton tidak punya kesempatan mengenal lebih dalam para jagoan di film. Kondisi ini berbeda dengan film seri seperti Lost yang punya 14-16 tokoh utama. Para script writer punya kebebasan menceritakan latar belakang tiap tokoh sebelum mereka mengalami kecelakaan dan terdampar di pulau.

Kembali ke The Expendables, jika film itu laris mungkin Van Damme punya niat membuat film serupa dengan mengajak Steven Seagal, Michael Dudikoff, Lorenzo Lamas, Marc Dacascos dan Wesley Snipes, pasti seru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s